Wisata Pantai di BANGKA BELITUNG



           Wisata Pantai
              Bangka

1. Pantai Matras
Pantai Matras terletak di Kelurahan Sinar Baru Kec. Sungailiat, berjarak 38 km dari ibukota provinsi. Pantai Matras menampilkan nuansa gelombang yang cukup tinggi sehingga memungkinkan untuk olahraga selancar dan speed boat.
2. Pantai Tanjung Pesona
Pantai Tanjung Pesona terletak di daerah tanjung pantai matras dengan pesonanya maka terlontarlah kata tanjung pesona. pantai ini masih terletak di daerah yang sama yaitu di Sungailiat, sangat cocok untuk tempat peristirahatan di waktu libur.
3. Pantai Parai Tenggiri
Dengan nuansa pantai dan adat Bangka yang kental ditampilkan oleh pengelola tempat ini, maka kita akan menemukan kenyamanan sehingga sangat cocok untuk acara liburan keluarga.
4. Pantai Pasir Padi
Pantai yang terletak di Desa Air Itam Pangkalpinang begitu landai dengan hamparan pasir yang begitu luas dan panjang menjadikan pantai ini banyak dikunjungi oleh para pengunjung, terutama pada saat liburan.
5. Pantai Air Anyir
Pantai ini terletak 15 km dari Sungailiat ke arah Pangkalpinang. Di pantai ini biasanya diadakan upacara adat Rebo Kasan sebagai ucapan syukur dan doa kepada Tuhan sebelum pergi melaut untuk mencari ikan. Upacara Rebo Kasan biasanya dilaksanakan pada hari Rabu terakhir Bulan Syafar.
 6. Pantai Romodong
Pantai Romodong terletak di Kec. Belinyu, sekitar 77 km dari Sungailiat. Pantai ini tepat menghadap ke arah Barat sehingga dari pinggir pantai dapat disaksikan matahari tenggelam. Panjang pantai mencapai 4 km, landai dan berpasir putih yang halus dengan laut yang bening. Pantai ini tersedia beberapa cottage dan fasilitas lain untuk wisatawan.
7. Pantai Tanjung Kalian
Pantai ini terletak 9 km dari Muntok, Kab. Bangka Barat. Di pantai ini terdapat mercusuar yang dibangun pada tahun 1862, dimana dari puncak menara dapat disaksikan seluruh kawasan pantai Muntok. Di sini juga terdapat monumen peringatan 21 pesawat Australia yang gugur dalam peristiwa pemboman kapal laut Australia oleh Jepang pada tanggal 16 februari 1942.
8. Pantai Tanjung Ular
Ciri khas pantai yang terletak 15 km dari Muntok atau 112 km dari Sungailiat ini adalah bentuk lekukannya yang indah dengan pasir putih yang halus dan landai serta terdapat bebatuan di depannya. Di pantai ini juga terdapat menara pantau guna melihat kapal-kapal yang akan berangkat dari pelabuhan Muntok.

Belitung

1. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai ini terletak 35 km dari Tanjung Pandan, memiliki daya tarik berupa pemandangan batu granit yang begitu menonjol dengan diselingi ombak yang tidak begitu tinggi.
2. Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang terletak 27 km dari Tanjung Pandan dengan pasir putih yang menghampar dan laut yang tenang. Bagi para pengunjung yang ingin menggunakan speed boat untuk rekreasi dapat menyewa fasilitas tersebut.
3. Pantai Punai
Pantai ini terletak di bagian utara Pulau Belitung dengan pemandangan yang indah dan fantastik dilatarbelakangi pohon kelapa. Airnya sangat jernih untuk berenang dan mamancing.

Comments

Popular posts from this blog

Dirigen

Pengertian FILE MASTER

( Partner Relationship Management)