Thursday, July 25, 2013

LUDWIG VAN BEETHOVEN



LUDWIG  VAN BEETHOVEN”
(Musisi Klasik Dunia)
Ludwig Van Beethoven merupakan seorang komponis Musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni kelima dan kesembilan, dan juga lagu Piano Fur Elise , ia di pandang sebagai salah stu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik , Semasa muda, ia adalah Pianis yang berbakat, popular di antara orang – orang penting dan kaya dan Wina, Austria, tempatnya tinggal, Namun, pada tahun 1801, ia mulai menjadi tuli.
          Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya, meskipun ia tak lagi bias bermain dalam konser, ia terus mencipta music,dan pada masa inimencipta sebagian karya- karyanyayang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah Menikah.
          Guru Komposisi pertama Beethoven adalah Christian Gottlob Neeefe ( 1748-1798) Neefe yang melihat bakat music Beethoven mengajari Beethoven memeinkan komposisi- komposisi milik Bach cara berimprovisasi, dia juga membantu Beethoven menerbitkan karya pertamanya pada tahun (1783). Dalam sebuah majalah Musik, Neefe Menulis bahwa Beethoven bias menjadi “MOZART” yang kedua seandainya ia meneruskan karirnya.
          Pangeran Bonn, Franz Xaver Stelker menunjuk Beethoven sebagai wakil Neefe dalam bermain Organ dan Harpischord . Pada tahun 1783, Beethoven menerbitkan tiga Sonata yang di dekasikan kepada pangeran Franz, tapi karena ia belum mendapatkan gaji dari pekerjaannya, Beethoven meminta untuk menjadi wakil Neefe secara resmi. Permohonan ini di kabulkan pada tahun 1784 , Pada tahun 1785, Beethoven mengubah tiga Trio Piano untuk pangeran, namun Karya ini tak diterbitkan sampai Beethoven Meninggal. Padasaat yang sama, Beethoven belajar music pada Franz Ries.
          Pada Tahun 1787, Beethoven pergi ke Wina atas perintah pangeran. Disana dia bertemu dengan Mozart dan memeinkan piano di depannya. Mozart sangat kagum dengan Beethoven dia mengarahkan Beethoven bias menjadi musikus besar. Pada masa depan Nanti. Kunjungan Beethoven hanya sementara karena uangnya habis, dia juga di panggil pulang ke Bonn karena ibunya sakit Parah akibat TBC, yang kemudaian merngut nyawanya pada tanggal  17 Juli 1787,
          Beethoven terbeban mengurus kedua adiknya yang masih kecil, Karena ayahnya pemabuk dan menghambur- hamburkan uang untuk alcohol, Beethoven meminta agar gaji ayahnya di berikan kepadanya Beethoven mendapat penghasilan tetap dengan memberi les Piano kepada Keluarga bangsawan.
          Pada tahun 1792, Joseph Haydn sedang menetap di Wina untuk sementara dalam perjalananya menuju London. Pangeran Waldstein,salah satu teman dekat Beethoven berhasil membujuk pangeran Franz untuk membiayai perjalanan Beethoven menuju Wina untuk belajar Komposisi pada Haydn.
          Pelajaran Komposisi Beethoven pada Hyden tak berjalan dengan baik. Haydn memeang guru yang ramah dan baik namun dia tidak memberi banyak perhatian dan tidak mengoreksi tugasnya dengan teliti. Haydn menghargai Beethoven walau dia kuran mengerti ide-ide musiknya.  Beethoven tanpa sepengetahuan Haydn belajar komposisi di bawah bimbingan Johann Schenk. Pangeran Franz memengil  Beethoven pulang ke Bonn tetapi Beethoven memilih untuk tinggal di Wina dan berkarir disana sampai ia Meninggal.
          Pada saat Haydn pergi ke London pada awal tahun 1794, Beethoven belajar komposisi pada johann Georg Alberchtsberger dan Antonio Salieri. Beethoven memulai karirnya di Wina sebagai Pianis. Pada Maret 1795. Pada Maret 1795 , Beethoven membawakan piano Cocerto in Bb Major, Op. 19, dia juga mengadakan kunjungan ke Praha, Dresden, Leipezig, dan Berlin pada tahun 1796.

Artikel Terkait

0   komentar

Post a Comment

Cancel Reply

Google+ Followers

Demo